Definisi Senam Aerobic High Impact

SENAM AEROBIC HIGH IMPACT



Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis senam yang cukup populer di Indonesia ini. Jenis olahraga yang sangat digandrungi di berbagai kalangan usia ini disebut dengan senam aerobik. Atau lebih tepatnya jenis senam aerobik high impact.

Senam aerobic high impact adalah gerakan-gerakan yang energik, berirama cepat dengan gerakan dasar kaki yang bergerak meninggalkan lantai secara bergantian maupun secara bersama-sama.

Gerakan-gerakan yang meliputi ada banyak sekali:
1. JINGKATAN
Gerakan kaki yang di angkat setengah dari lantai.
2. LOMPATAN
Sebuah gerakan kaki yang mendorong ke atas meninggalkan lantai lalu kembali lagi menginjak pada lantai.
3. SENTAKAN
Sebuah teknik mendarat dengan cara mengangkat kaki ke atas sambil mengangkat lutut kanan di depan tubuh. Ketika menjejakkan kaki ke lantai,gulingkan telapak kaki dengan gerakan ibu jari memusat tumit di setiap saat.
4. LONCATAN
Sebuah gerakan meloncat kedua kaki dan mendarat secara bersamaan.
5. MENGANGKAT LUTUT
Mengangkat lutut pada hitungan satu dan sementara kaki kiri menopang meninggalkan lantai.Kaki kanan mendarat pada hitungan dua lalu urutan nya di teruskan dengan tumit kiri.
6. LOMPAT SERGAP
Melangkahkan kaki kanan ke depan, pada hitungan satu lalu lompat. Pada saat mendarat pada hitungan dua bawa kedua kaki secara bersamaan dan tepukkan kaki kiri atau mempertahankan posisi kaki saat dalam keadaan mendarat di lantai dengan berat badan tersebut secara merata. Teruskan urutan gerakan ini dengan kaki kiri.
7. POWER MOVES
Power Moves merupakan sebuah gerakan untuk mengangkat atau membawa seluruh tubuh terangkat dari tanah setinggu mungkin.Gerakan Power Moves juga menyebabkan pinggul melentur atau menekuk pada saat lutut di angkat ke arah dada.
8. MENGGESER
Langkah kaki kanan ke samping pada hitungan satu lalu lompat dan bawa kaki kiri kedalam sampai ketemu kaki kanan. Kemudian langkahkan kaki kanan ke samping lagi setelah mendaratkan kaki kiri.
9. SPLIT
Lompatan dengan satu kaki di depan dan satu kaki di belakang dan kemudian ganti kaki dan melompat.
10. TWIST
Twist merupakan gerakan yang mirip gerakan twist pada moderate impact. Kaki dapat di angkat dari lantai,tetapi kaki harus mendarat di atas pinggul.

Video:



Selain untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, ternyata senam ini baik juga untuk kesehatan jantung, menjaga stamina dan juga melatih kelenturan tubuh. Tapi ingat yaa.. bagi anda yang masih pemula harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi cedera ketika melakukan senam yang cukup energik ini. Lakukan olahraga ini secara rutin sekitar 3 atau 4 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Best Regards,
Admin

Komentar